September 8, 2011

Hoi An City - The World Heritage in Vietnam

Perjalanan Day 2 di Vietnam adalah ke kota Hoi An, 1.5 jam naik pesawat dari Ho Chi Minh menuju Airport di Danang City, tapi jika menggunakan KA maka lama perjalanan sekitar semalaman atau kurang lebih 11-12 jam.

12 Agustus - Hoi An City

Bangun jam 7 pagi dan segera packing lagi untuk siap-siap check out. Setelah selesai packing kita turun untuk breakfast dan selesai-in bill. Sebenernya sayang juga karena hotelnya cukup recommended to stay longer. Tapi yah karena tiket Jet Star sudah dibeli, we have to leave the hotel.

Perjalanan ke bandara hanya sekitar 30 menit, dengan membayar $8 dari hotel. Kali ini hotel membookingkan kita dengan taxi Vinasun, but i want my Fortuner!
FYI, taxi yang recommend di sana adalalah Vinasun dan Maylinh karena manggunakan argo resmi.
Sampai di bandara kita segera check in dan masukkan bagasi, ternyata kalo dilihat bandara domestiknya kalah jauuuuuhh deh dari jakarta. Di sana kok bandaranya kurang mentereng. Mungkin masi perlu diperbaiki sana sini.
Setelah menunggu kurleb 2 jam, pesawat siap boarding.
Ternyata nih, gue ngerasa flight kali ini bener-bener bising. Ga tau deh, tuh penumpang semuanya bawel bener. Ngobrol gak bisa pelan-pelan, uda kaya pasar. Gue yang tadinya mencoba tidur, kudu doping Tolak Angin biar nampol bisa nyenyak. Ih ga kebayang deh kalo naik bareng TKI... #upsss...

Sampai di Hoi An kira-kira jam 1 siang, duh ini bandaranya so sederhana sekali, standar abis. Mana bagasi nya main lempar aja, Samsonite merah kesayanganku langsung item-item kena kotornya conveyor. Sebeelll!!
Begitu koper uda ditangan, langsung deh kita nyariin tukang jemput disana. Ternyata driver yang gue bayangin beda banget, kali ini kasual abis dan nungguin kita dengan cuek banget sambil sms-an. Gue kok feeling ini orang bukan driver (sehari-harinya), coz engga ada tampang dan manner driver. Bawain tas gue aja kaya ga niat gtu, haqdezzz...
Yang gue gak sangka, perjalanan ke Hoi An dari Bandara domestiknya Da Nang ternyata sekitar 45 menit! Dan itu jauuuuhhh, kering kerontang.... Gue bersyukur pake pick up service. Ga kebayang kalo masi harus cari taxi. Aje gile panasnya uda kaya 40 derajat begitu...

The hommy deco
at Vinh Hung 3 Hotel
Sampai di hotel Vinh Hung 3, sopir menurunkan kita dan setelah kita ke resepsionis, kita dianter masuk ke dalam kamar. It's really nice room, with a simple but hommy decoration. I love it! Simply love it at the first sight!
Saking cape dan hausnya, kita sampe malas banget mo bergerak, untuk cari makan aja rasanya super males karena panasnya diluar uda kaya di etiopia (halah kaya pernah aja kesana). Pokoke superb menyengat. Mana setelah kita ngumpulin nyawa buat cari makan di depan hotel, pelayanannya bisa 2 jam buat 2 menu, masya oloh bener!! Lambaaaatttt!!! Bule sebelah gue yang uda order dari tadi juga gak dateng-dateng makanannya. Liat kita nunggu sambil geleng-geleng, dianya ketawa-ketawa aja. Dalam bahasa gak tertulis sih dia mo ngomong : See, it's a very long time to serve us lunch, and hehehe and you've been punk'd!

Sorenya kita sempet puter-puter sekitar hotel untuk tau jalan. Rencananya sih besok pagi mau langsung ke Ancient Town-nya yang bisa dicapai cukup dengan jalan kaki saja. Eh ngga taunya karena uda kesorean, meskipun bawa map, tetep aja nyasar. Sebenernya ini salah belok gara-gara kita terpesona dengan Coat-Blazer-Jas yang handmade by Hoi An tailor's. Bayangkan, dengan 300 ribu rupiah bisa dapat coat sesuai ukuran kita, dan sehari jadi! SEHARI JADI! Bandingkan dengan penjahit di Indo yang serba lelet....  Wheeww....

13 August - 3rd Day  in Vietnam, 2 days in Hoi An

Paginya, keliatannya saking capenya, gue bangun kesiangan. Jam 8 seharusnya mulai jalan, gue baru mulai breakfast. Setelah kelar, kira-kira hampir jam 10 baru jalan. Duh uda mulai panas pula.... stress gue kalo cuaca so hot begini. Jadi males ngapa-ngapa, dehidrasi, sakit kepala. Bawaannya pengen berteduh dan minum dingin. Hahahaha....

Pertama kita susuri jalan dan nemu Ancient Temple, yang ada patung Buddha, Dewi Kwan Im Pou Sat, dan banyak dewa yang lain. Setelah puas take a picture, kita jalan lagi dan nemu resto Vinh Hung yang oke banget, traditional but colorful. So kita langsung berikhtiar kalo makan siang kudu disana (ga penting sih.... ). Lanjut jalan kita mau masuk ke Japanese Bridge, eh ternyata disitu harus beli tiket dulu seharga 90000 VND, dan itu bisa dipake masuk di 5 tempat yang menarik.

Ancient Temple
Japanese Bridge sebenernya sih jembatan tua aja, ga terlalu istimewa. Makanya kita lanjut lagi ke Ancient House, yang uda ratusan taun, perpaduan antara Japanese, Chinese, and traditional Vietnam sendiri. It's so old. Bangunannya pakai kayu warna hitam, dan ada lobang jaring-jaring di lantai 2 yang bisa dibuka untuk menaikkan furniture karena disana pernah ada banjir besar, big flood dengan ketinggian lebih dari 1 meter.  Abis keliling-keliling kita disuguhi teh panas, anehnya si Vietnamese girl ga mau di foto. Pamali kali ya...

The Lampions
Next destination adalah gallery atau workshop yang banyak sekali disana. Bisa diliat mereka sedang melakukan kerjinan ukiran atau bikin lampion. Yes, Hoi An is very well known for it's beautiful lampions art. Betul-betul cantik disana. Seandainya saja cuaca disana sejuk, pasti deh aku uda muterin semua tempat. Dasarnya orang indo, biarpun panas, sempet juga beli macem-macem buat oleh-oleh. Dan kita sempet pula take a pic dengan cewe penjual souvenirnya. She's very friendly. Sesudah memborong souvenir, kita balik hotel dengan niat nyewa sepeda $1 untuk sehari, lumayan buat muter-muter sekalian nyari makan siang.

Vinh Hung Resto
Pork Claypot

Cafe-cafe disana sangat bagus, traditional (bangunan lama) tetap dipertahankan, dengan menu juga cukup variatif. Siang itu kita beneran lunch di resto Vinh Hung, pesenan kita adalah : Pork Claypot, dan White Rose. Mantep edan! Lunch yang paling delicious selama gue di Vietnam.

Larue Beer
Saking panasnya diluar kita pilih untuk take a rest dulu disana. Duduk-duduk sambil mandangin bule-bule tank top-an dengan cueknya, dan gue nge beer juga akhirnya karena pengen coba beer lokal. Nama birnya unik : Larue. Looks like a french name than Vietnam. Setelah gue cek ternyata : Brewed by Da Nang Brewery (Asia Pacific Breweries-Heineken). Gak nyangka juga, punya Heineken. Padahal gue lebih pilih Anker Beer daripada Heineken kalo di Jakarta.

Setelah agak sorean, matahari uda ga sekejam jam 12 siang, gue putuskan untuk ngelanjutin perjalanan lagi. Mampir lah kita di  Guangdong Assembly Hall  (Quang Trieu Congregation) in front of resto. Kebetulan banget disana lagi sepi, jadi enak banget buat ambil foto dan duduk-duduk. Rasanya tenang dan damai. Tapi itu ga bertahan lama karena tiba-tiba rame banget pengunjung berdatangan. Haizzz.... I need tranquility...
Karena males dengan keramaian, kita lanjutin lagi perjalanan muterin Ancient Town, sempet berhenti ke Cafe (lagi) dan ke Ruman Tua (lagi). Tapi overall ga jauh beda sih. Gue sih salutnya pemerintah mereka bener-bener ngejaga tuh kawasan bebes kendaraan bermotor dan masih orisinil. Pemerintahnya concern dengan kawasan pariwisata, jadi mereka serius untuk memelihara peninggalan lama kaya gtu. Padahal dimana-mana masi bertebaran bendera palu-arit. Di indo nih, uda jelas kawasan Kota Tua itu historical banget, tetep aja ga peduli dengan meningkatkan kenyamanan disana.

With US $ 1 bycycle
Back to the story, jam 5 sore gue uda ga kuat buat jalan-jalan, so akhirnya gue cuma balikin sepeda dan siap-siap check out dari hotel untuk balik lagi ke Ho Chi Minh. Anehnya saat gue bayar bill, masa pick up service yang kemarin malah pada ga tau kalo ada, jadilah kita "hampir" aja ga bayar. Tapi gue sih feel guilty, so gue kasi tau mereka dan gue bayar lah $16 supaya gue gak disangka "Turis Indonesia yang gak jujur". Salah setitik rusak susu sebelanga kan repot. Ntar next Indonesia yang kesana dibilang tukang tilep kan bahaya. Hahaha...