June 20, 2020

Operasi Gigi Geraham Bungsu (Menggunakan BPJS 2020)

Hai semuanya, kali ini gue mau share tentang pengalaman gue operasi gigi geraham bungsu atas bawah, sebanyak 4 gigi. Yes, 4 gigi sekaligus! Kebayang kan kaya apa dioperasi 4 gigi sekaligus? Luar biasa!

So awal mulanya, sekitar akhir tahun 2019 ini,  gue merasa gigi gue kok makin acak-adut, dan kadang malam tuh gusi bawah bisa snut-snut tanpa alasan, padahal gue ga ada gigi yang berlubang. Jujur gigi gue relatif baik-baik aja selama ini, karena gue juga emang rajin sikat gigi dan kumur pakai mouthwash. Gue paling pantang makan apapun setelah sikat gigi, jadi sejauh ini gigi gue juga ga ada masalah.

Akhirnya gue konsul ke dentist, dan disarankan untuk rontgen gigi. Setelah cari waktu, akhirnya awal Januari 2020 gue menyempatkan diri untuk foto gigi di RSGM UGM Prof. Soedomo. Gue foto 2 macam, panoramic dan cephalometric. Yang bikin gue cukup surprise, ternyata foto rontgen disana cukup murah. Untuk 2 rontgen tersebut, gue hanya bayar Rp 234.000,-. Jika dibandingkan foto di RS swasta lain, di RSGM UGM ini sangat rekomen sekali. Prosesnya juga cepat, tidak sampai 1 jam semua sudah selesai.


Panoramic X-Ray

Nah kemudian setelah ada hasilnya, dari foto itu keliatan banget kan, 4 gigi geraham bungsu gue ternyata emang tumbuhnya ga bener. Impacted teeth.
Petugas yang nge- Xray gue juga komen kalau ini mendingan diambil daripada bikin sakit kepala dan ngilu. Wah gue cukup mikir-mikir juga, ya secara operasi gigi bungsu itu:
1. Ga ditanggung asuransi gue saat itu.
2. Kalau bayar sendiri 1 gigi bisa 2 jeti up.
3. Kalau apply asuransi baru, harus ada waktu tunggu yang bisa sekitar 1 tahun, baru bisa dicover.   

Gue konsul ke dentist, katanya it's ok kalau mau behel dulu, sambil jalan baru nanti gigi diremove. Tapi gue mikirnya kok semacam kerja dua kali, masa behel udah disetting trus harus operasi apa ga riweh? Akhirnya gue berniat dan membulatkan tekad untuk operasi aja dulu deh. Cari waktu yang pas.

Niat sih tinggal niat, karena ternyata begitu ganti bulan, Februari dan seterusnya ada pandemi. Covid19 yang bikin semua aktivitas tertahan karena harus stay at home, dokter dan rumah sakit pun menolak semua tindakan yang dirasa tidak urgent karena bisa membahayakan dan very contagious.
Akhirnya rencana operasi ini kepending cukup lama.

Singkat cerita, di bulan Juni ini karena pemerintah memutuskan untuk memasuki masa new normal, gue mau coba peruntungan ke Puskesmas faskes 1 gue untuk konsultasi gigi. Begitu gue datang bawa foto rontgen, dentist nya langsung komen kalau akan dirujuk ke RSUD yang bisa menangani ini. Itupun dengan note: "Kalau bisa ya Mba, kalau mereka sudah terima operasi gigi". Tapi karena gue pikir ya udahlah, ga ada salahnya juga cek sesuai rujukan mereka, akhirnya 2 hari kemudian gue ke RSUD.

Sampai disana karena gue agak kesiangan, ya biasalah antrinya udah WOW. Setelah menunggu sekitar 45 menitan, gue akhirnya bisa ngedaftar juga. Masih harus ngedaftar dengan bawa fc KTP, fc BPJS/KIS, fc Surat Rujukan. Disitu gue diarahkan ke poli gigi, yang ternyata pas banget dokter SpBM (Spesialis Bedah Mulut) ga jaga hari itu, jadi setelah gue ditanya A-Z (karena e-KTP gue domisili Jakarta), berkas gue cuma diterima dan disarankan besok datang lagi di jam yang sama ketemu dengan dokter Spesialisnya. Ya apa boleh buat, akhirnya gue pulang.

Besoknya gue datang lagi sekitar jam 9am, kali ini langsung ke poli gigi ga pakai daftar lagi. Disitu gue ketemu sama dentistnya. Ibu yang santai banget, dan langsung menyarankan:"Kita operasi aja ya?". Gue make sure sekali lagi kalau emang dengan situasi sekarang sudah bisa operasi, yang dijawab oleh Bu dokter "Oke kok, ga masalah Mba. Udah bisa."
Ya oke deh kalo gitu.
Gue juga bilang kalau gue takut operasi 4 gigi, yang dijawab dengan kalem:"Ga papa Mba, paling bengkak seminggu aja. Sekalian lah."
Euwww....
Kemudian Bu dokter menulis surat keterangan tindakan, diminta datang seminggu kedepan langsung bawa baju untuk opname karena rencana tindakan (operasi) harus bius total, jadi butuh waktu 3 hari opname.

D-1 Before Surgery
Fast forward to next week, gue datang ke RSUD lengkap udah bawa baju. Gue ke kasir rawat inap karena kemarin kesana gue taro berkas gue ke bagian ini. Yang jaga disana info ke gue kalo gue tetap harus ke pendaftaran (seperti awal datang). Disini gue agak bingung, karena menurut gue kan harusnya pasien rawat jalan dan rawat inap itu dibedakan pendaftarannya. Aneh aja sih kalau yang udah ada janji mau operasi etc, eh harus nungguin pendaftaran pasien baru? Yah, tapi disisi lain sih, what d'u expect from RSUD?
Drama terjadi waktu akhirnya gue sampai depan loket pendaftaran. Ternyata masih pakai fc e-ktp, fc BPJS/KIS dan fc Surat Rujukan. Yang mana ini sama banget dengan waktu pendaftaran pertama, apa iya sih mereka ga ada datanya sampai harus diulang lagi? Padahal gue kesitu udah harusnya tinggal siap-siap operasi. Gue jadi terpaksa harus ulang fotocopy lagi, dan balik ke loketnya.
Anehnya, udah jelas disitu ada keterangan dari dentist gue untuk persiapan operasi di tanggal itu, si admin bilang kalau Poli gigi lagi di renovasi, sehingga semua schedule ketemu dokter dibatalkan. Lho? Ini kan aneh banget, gue operasi gigi di ruang bedah karena ada 4 gigi yang diambil, ya ngga mungkin di kursi poli gigi. Ini adminnya ngeyel banget, sampai terpaksa gue agak keras juga menjelaskan ke si ibu admin. Gue bilang kalau gue udah ada janji operasi, dan gue ga operasi 1 gigi, gue disuruh opname. Berkali-kali si ibu ngebantah gue. Akhirnya untung banget ada admin yang lebih muda, ngebantu ngejelasin ke si ibu kalau emang udah ada pasien yang dengan janji, jadi harus diterima. Habis itu si ibu admin mungkin ngerasa agak bersalah karena ngeyel banget sama gue, akhirnya minta maaf dan mau antar gue ke ruang poli "sementara" karena poli gigi sedang di renovasi. Dan disitu gue ketemu sama dentist gue. Well, hello?? Jadi dentist gue ada dari tadi, kenapa ga langsung cross check aja sih, daripada debat sama gue? Warbiyasak.

Abis ketemu sama dentist gue, bu dokter langsung isi semua berkas dan minta gue cek EKG, cek darah di lab dan cek thorax di radiologi. Cek EKG nya sih cepet, tapi cek darah harus antri dulu karena banyak pasien hari itu. Cek darah sebelum operasi itu justru lengkap banget, ada 16 macam, sampai-sampai ada juga diminta cek HIV. Sesudah cek darah, gue ke Radiologi untuk X-Ray Pulmo. Setelah itu gue ke ruang admisi untuk cari kamar buat opname. Gue jalan sendiri karena adik gue lagi pergi. Lucu juga sih, yang mau opname muter sendiri buat kelengkapannya.

Tadinya, kamar kelas I sesuai BPJS gue itu katanya disana habis, jadi mau didowngrade ke kelas 2. Tapi ternyata setelah dicek ulang di bagian admisi, kamar available sore. Ya udah gue tunggu aja disana. Puji Tuhan jam 4 sore gue udah bisa masuk ke kamar. Untungnya kelas 1 disini satu ruangan satu orang, jadi gue terhindar dari drama ataupun keributan yang mungkin ada kalo ada pasien lain diruangan. Sore itu gue cuma istirahat dan disuruh puasa mulai dari jam 12 malam. Ya secara ga ngefek juga karena gue udah ga makan dari jam 9 malam.

D-Days of Surgery.
Paginya sekitar jam 6am, gue dipasang infus. Nurse yang pertama coba pasang ini kebanyakan bercanda gue rasa. Dia cari vena gue di tangan kiri, setelah ditusuk, ternyata ga bisa. Sakitnya ya ampun deh. Karena ga bisa, terpaksa pindah ke tangan kanan gue. Pas mau ditusuk gue udah deg-deg-an, takut gagal lagi. Kali ini yang pasang nurse yang lain, dan untungnya bisa. Fiuh. Gue paling malas dengan suntik-suntik ini. Kemarin pas diambil darah aja, gue langsung bruises gitu tangannya.

Sekitar jam 8an, dentist datang dan info kalau nanti jam 9an bisa operasi. Olala, deg-degan gue. Mana adik gue lagi ga ditempat karena balik rumah. Ya akhirnya gue ke ruang operasi ga sama adik gue, dia nyusul.

Note ya, di ruang operasi tuh dingin pakai banget. Gila frozen banget ruangannya. Gue pindah di bed untuk operasi dan ga lama gue dikasih anestesi. Itu anestesi sakit banget, gue sampai nangis, tapi ga kelar karena mata gue udah ga kompromi.

======

Bangun-bangun gue udah di kamar dong.

======

Mulailah derita recovery.
Emang bener semua orang bilang healing takes time.
Gue bangun sebentar trus ketiduran lagi. Rasanya di tenggorokan gue dan hidung banyak cairan. Gue keluarin ingus eh ternyata darah. Gue keluarin dahak, eh darah juga. Gue minta adik gue beli tissue 1 box karena gue terus-terusan keluar dahak dan ingus darah sisa dari operasi. Gue rasa sewaktu operasi, darah gue bisa keluar 1 liter sendiri ya. Belum nih yang tertelan ga sengaja.

Bisa dibilang after surgery gue ga ada tenaganya sama sekali. Gue dikasih kapas/kassa yang dikasih povidone-iodine buat kompress gigi, gue gigit untuk menghentikan pendarahannya. Dan selama tidur itu kassa/gauze full blood jadi sampai ngalir ke rambut gue. Euww....

Gue semalaman itu cuma bisa cek hp 5 menit trus ketiduran lagi. I felt my entire body won't cooperate. Exhausted. Yang paling susah, jam 5 sore nurse datang untuk cek kondisi usus, katanya belum ada pergerakan. Means I couldn't eat or drink. For God shake, I didn't want to eat, I only want to drink! Haus banget udah seharian ga minum. Karena belum bisa, nurse akan balik untuk cek lagi setelah jam 6an.

Sekitar jam 7 nurse datang untuk cek kondisi usus. Katanya sudah boleh minum/makan. Gue bersyukur banget deh. Secara bibir gue udah cracked and dried. Akhirnya gue minum teh hangat. Precious moment! After that ya gue ketiduran lagi.
Nurse kasih noted kalau gue ini bedrest, jadi ga boleh turun dari bed, bahkan untuk ke toilet. Wadidaw! Jadi gue harus pee lewat pispot (chamber pot). Ga nyaman banget. My body rejects the idea to pee on the bed (using pispot). Walaupun akhirnya bisa, tapi itu butuh pengorbanan banget. Mana gue lagi mens. Aduduh, complete set!

D+1 After Surgery.
Paginya gue masih terbaring lemah gegara efek bius total belum hilang sepenuhnya. Gue sadari masih ada ingus dan dahak darah sisa kemarin. Tapi sudah jauh lebih baik ga terlalu banyak cairan yang nyangkut.
Sekitar jam 8an, gauze diambil oleh nurse. Eng ing eng.... baru gue sadari ternyata efek operasi gigi dengan bius total itu bikin mulut gue luka dan pojok bibir gue juga luka parah. Sakit banget pas buat buka mulut. Sobs. Ini sih bakalan lama recoverynya. Kata dokter waktu visit suruh gue oles madu.  Gue baca di artikel, bisa juga diolesin vaseline / balm / ointment.
Siangnya infus gue bisa dicabut dan dibolehin pulang.

Adik gue yang urusin administrasi dari RS nya.
Thanks God to BPJS, gue bayar 0 dari sekian juta. Iya bayar 0!
Operasi 4 gigi dengan bius total di kamar kelas 1, gue gak bayar sama sekali.
Makasih BPJS!!
Ga lagi deh gue complain bayar BPJS.
Gimana kabar kalo ga ada BPJS ya? Nyesek pasti.

Buat yang mengalami hal yang sama kek gue, be brave! Sakit sih wisdom teeth extraction ini, tapi kedepannya lebih baik buat kesehatan kok.




 

No comments:

Post a Comment

My Newest Thought

Operasi Gigi Geraham Bungsu (Menggunakan BPJS 2020)

Hai semuanya, kali ini gue mau share tentang pengalaman gue operasi gigi geraham bungsu atas bawah, sebanyak 4 gigi. Yes, 4 gigi sekaligus! ...