November 26, 2011

Didikan keluarga, dulu dan sekarang





Berdasarkan pengalaman selama ini, didikan orangtua (keluarga terutama) itu sangat mempengaruhi kemandirian seseorang. Contohnya gue karena dibesarkan dikeluarga yang tegas, disiplin, dan gak memanjakan, sekarang hampir bisa dibilang semuan kerjaan rumah cukup oke. Sementara, gue ngeliat orang yang dari kecil tidak dibiasakan untuk 'bekerja', dalam dunia nyata akan tetap manja. Orang tersebut selalu berpikir akan ada orang lain yang membereskan semua kerjaan untuk dia, sama seperti waktu mamanya melakukan semua kerjaan untuk dia.


Mungkin sebagai orang tua jaman dulu dan sekarang berbeda, contohnya kalau dulu mindset 'Ayah bekerja, Ibu di rumah bertanggung jawab atas anak' sangat kentara sekali. Kalau hal itu diterapkan sekarang dimana misalnya : sang ayah gaji tak seberapa, nampaknya akan sangat sulit. Umumnya saat ini dibutuhkan kedua-duanya untuk bekerja. Dengan model didikan jaman dulu, pastinya akan sulit sekali beradaptasi. Merasa tidak terima kadang karena harus hidup mandiri, sementara sejak kecil semua disediakan dan dilayani. Even terkadang mereka malah menjadi anak mami, lebih senang pulang ke rumah orangtua daripada hidup mandiri, sendiri.


Repotnya jika hal ini terjadi dengan teman dekat atau pasanganmu. Karena umumnya, dia tidak mau mendengar nasehat dari siapapun kecuali mamanya, dan pikirannya sempit hanya sebatas apa yang dia tangkap dalam keluarganya. Jadi pada akhirnya pola berpikir orang tersebut menjadi kurang bisa menerima pendapat orang. Solusi untuk masalah ini pastinya hanyalah komunikasi dan kesadaran bersama. Tapi semua itu pasti harus dari dua pihak, jika hanya salah satu, kata sepakat tak mungkin didapat. Ujung-ujungnya, talk to the hand saja, yang satu bicara, yang lain tidak mendengarkan.

No comments:

Post a Comment

My Newest Thought

Operasi Gigi Geraham Bungsu (Menggunakan BPJS 2020)

Hai semuanya, kali ini gue mau share tentang pengalaman gue operasi gigi geraham bungsu atas bawah, sebanyak 4 gigi. Yes, 4 gigi sekaligus! ...