November 18, 2011

Mtix vs Blitzcard

Yay! Akhirnya Twilight - Breaking Dawn premiere today. Senangnya karena ada mtix, bisa beli duluan pagi-pagi. Itupun tumben banget, di Pluit Village bisa uda ada yang isi di barisan B. Padahal masih jam 7-an. Can you imagine gimana ramenya ntar malem?
Thanks God deh, mtix emang berguna banget buat gue yang hobi nonton sampe ke sumsum tulang.... (apaan seh?)

Tapi betulan, kalau loe penggemar nonton bioskop, somehow lebih berguna punya m-tix daripada blitzcard.
Pertama nih, karena cabang XXI lebih banyak daripada Blitz. Bioskop XXI sudah ada jaringan di Jakarta dan luar Jakarta (cek : http://21cineplex.com/theater.cfm) sementara kalau Blitz hanya wilayah Jakarta-Tangerang dan Bandung (cek : http://www.blitzmegaplex.com/en/index.php). 
Kedua, harga XXI lebih bervariatif, dan lebih murah dibeberapa tempat daripada Blitz terutama untuk workdays, atau istilahnya nomat (nonton hemat). 
Ketiga, kalau kita beli ticket menggunakan m-tix, pengambilan bisa diwakilkan asal menyebutkan kode transaksi. Sementara kalau pembelian dengan Blitzcard, dengar-dengar harus swipe kartunya baru keluar tiketnya.
Sounds so complicated just for watching movies, don't you think so?

Tetapi kelebihannya Blitz dibandingkan XXI adalah teaternya banyak, sehingga pilihannya pun banyak. Selain itu Blitz kerapkali memutar iNAFFF (Indonesia International Fantastic Film Festival) setiap tahunnya. Tahun ini berlangsung dari tanggal 11-20 November 2011 di Blitz Grand Indonesia (cek : http://www.blitzmegaplex.com/en/events_detail.php?id=EV201110250740448608).
Kemudian perbedaannya juga untuk 3Dnya, XXI menggunakan Dolby 3D dan Blitz menggunakan RealD 3D. Membaca penjelasan dari sini, dijelaskan perbedaan 3D untuk kedua bioskop tersebut.
Untuk RealD 3D penjelasannya sebagai berikut :
Merupakan teknologi 3D polarized yang lebih baru, menggunakan kacamata circular polarized. Teknologi ini memungkinkan kepala kita bisa bergerak bebas tanpa kehilangan fokus pada gambar. Tapi efek 3D yang ditampilkan bukanlah efek 3D yang gambarnya bisa keluar dari layar seperti IMAX, melainkan kebalikannya, gambar seakan-akan masuk jauh ke dalam layar. Efek 3D ini tidak membuat otak cepat lelah sehingga cocok untuk menonton film berdurasi panjang.
Sedangkan untuk Dolby 3D penjelasannya begini :
Merupakan teknologi 3D yang lebih baru, sekilas tidak ada perbedaan dengan RealD 3D. Perbedaan yang paling jelas dirasakan penonton adalah adanya pantulan warna di samping kedua mata, terutama pada saat lampu bioskop belum sepenuhnya dimatikan.

Nah jadi memang semua bioskop punya kelebihan dan kekurangannya. Tapi kembali ke masalah mtix vs blitzcard, kalo gue teteup pilih yang lebih banyak lokasi karena fleksibilitasnya lebih tinggi. Secara Jakarta gitu, kena macet dijalan bisa-bisa tiket melayang. Apapun pilihan loe, have a good time in cinema!

No comments:

Post a Comment

My Newest Thought

Operasi Gigi Geraham Bungsu (Menggunakan BPJS 2020)

Hai semuanya, kali ini gue mau share tentang pengalaman gue operasi gigi geraham bungsu atas bawah, sebanyak 4 gigi. Yes, 4 gigi sekaligus! ...