December 19, 2011

Today's intermezzo


Kemarin dalam perjalanan ke Sukabumi, gue dan ipar sempat talking about God's will, religion, etc. Ada suatu kejadian yang gue bilang, bikin beberapa orang merasa 'enough' dengan yang namanya agama. Beberapa orang yang rajin ikut kegiatan keagamaan ternyata malah mencontohkan hal yang tidak baik untuk sekitarnya.
Misalnya begini, ada orang yang ikutin sekolah agama, sampai udah mencapai tingkat cukup tinggi, ternyata selingkuh dan bahkan menceraikan istrinya demi bersama cewe 'lain' ini. Kemudian, ada teman yang keluarganya dulu aktif sekali dalam kegiatan keagamaan di lingkungan, tapi saat keluarganya tertimpa musibah (ayahnya meninggal), justru orang-orang di lingkungannya, tidak membantu sama sekali.


Dua contoh kejadian diatas kadang bisa membuat seseorang yang tadinya beragama, mulai meragukan makna agama itu sendiri. Karena seharusnya, agama itu adalah jalan menuju Tuhan, orang yang aktif dengan kegiatan keagamaan tapi tidak bisa mencerminkan agama yang dianutnya, sama dengan nothing. Ipar gue menjawab kalau itu umum terjadi, tapi sebenernya, manusia itu diciptakan Tuhan beserta alam semesta beserta 3 hal yang sifatnya tak terbantahkan, yaitu Kedaulatan Tuhan, Free will dan Hukum Alam.


Kalau misalnya ada suatu kejadian yang sifatnya musibah, itu tidak lah selalu Kehendak Tuhan, melainkan terkadang adalah Hukum Alam yang berperan. Karena pada dasarnya, kehendak Tuhan itu baik adanya, rancanganNya selalu indah pada waktunya. Hanya karena kita belum memahaminya, terkadang kita menganggap itu adalah cobaan. Padahal Tuhan tidak pernah mencobai, melainkan setan.


Contoh lain adalah, seseorang menyetir kebut-kebutan dan kemudian menabrak sampai meninggal, itu adalah Hukum Alam. Tuhan tidak mungkin berkehendak supaya orang tersebut menyetir sembarangan di jalan raya, tetapi free will orang tersebut yang menciptakan hukum alam, yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya musibah. Sama seperti free will manusia untuk mencintai seseorang dan free will seseorang juga untuk tidak mencintai balik. Adapun free will seseorang untuk menebang habis pepohonan di hutan, yang pada akhirnya menyebabkan hukum alam, yaitu banjir. Semuanya berjalan sinergis.


Dari situ gue dapat kesimpulan, bahwa iman kita lah yang seharusnya bisa dibangun, dengan keyakinan bahwa kekuatan Tuhan adalah luar biasa, dan tidak ada kehendaknya yang tidak baik, semua rancangannya adalah indah adanya. So believe in God... and He will show you the way... 

No comments:

Post a Comment

My Newest Thought

Operasi Gigi Geraham Bungsu (Menggunakan BPJS 2020)

Hai semuanya, kali ini gue mau share tentang pengalaman gue operasi gigi geraham bungsu atas bawah, sebanyak 4 gigi. Yes, 4 gigi sekaligus! ...