September 5, 2014

Mencairkan Jamsostek, Ternyata Tidak Sulit...

Kemarin iseng-iseng mau coba mencairkan duit Jamsostek gw (sekarang BPJS) yang berasal dari kantor lama. Duitnya sih ga seberapa banyak, tapi lumayanlah buat tambahan beli baju hamil #eh. Kebetulan gw udah sesuai dengan persyaratannya, yaitu minimal sudah berhenti selama 5 tahun 1 bulan, sementara gw udah 7 tahun. Rencana pencairan ini juga karena gw denger dari saudara, kalau sekarang proses tersebut lebih mudah selama persyaratan dokumen sudah dipenuhi.

Yang ribetnya pada waktu itu justru malah mencari lokasi Jamsostek terdekat. Seingat gw, di arah daan mogot, dekat perempatan cengkareng ada. Tapi saat gw kesana, kok sudah closed. Bahkan gedungnya disewakan. Amsiong dah! Berbekal Goggle Maps, akhirnya ketemu yang dekat sana, yaitu Cabang Grogol. Karena cek nya hanya dari G-Maps, gw ga yakin lokasinya di sebelah kiri or kanan jalan. Ternyata gw kebablasan, tau-tau udah sampe perempatan Grogol. Luarrr biasaaa!!
Pantang menyerah, gw balik nyariin lagi. Akhirnya ketemu juga, dari arah CL disebelah kiri jalan. Pantas aja kaga ketemu, namanya udah ganti jadi BPJS. Hahaha...

Persyaratan yang diminta untuk pencairan tersebut tidak terlalu banyak, cukup :
- Kartu Jamsostek,
- Surat Paklaring (dan duplikatnya/copy),
- KK (dan duplikatnya/copy),
- KTP (dan duplikatnya/copy),
- Buku tabungan (dan duplikatnya/copy) jika ingin uangnya ditransfer.
Kemudian setelah semua lengkap, kita mengisi form yang diberikan disana. Nanti dokumen tersebut dikumpulkan oleh petugas untuk dicek kelengkapannya, dan diberikan nomer antrian. Berhubung gw lupa Buku Tabungan, terpaksa gw minta pencairan cash. Mbak Tellernya setuju setelah cek dana Jamsostek gw masih 'ga seberapa'. Akhirnya setelah menunggu sekitar 3 jam, kelar juga semua prosesnya. Jamsostek gw bisa diambil cash.
Lega juga, pendingan satu persatu berkurang... :)


No comments:

Post a Comment

My Newest Thought

Operasi Gigi Geraham Bungsu (Menggunakan BPJS 2020)

Hai semuanya, kali ini gue mau share tentang pengalaman gue operasi gigi geraham bungsu atas bawah, sebanyak 4 gigi. Yes, 4 gigi sekaligus! ...